Pada tau kan, yang disebelah apaan ???
Si thermo itu emang saya pake buat ngukur suhu tubuh...tapi, kenapa pake diukur segala ???
Lagi Sakit ???
Hmmm..ceritanya bakalan panjang nih...selamat menikmati..:D
Introduction...

Kita nikah kan udah sekitar 3 tahunan nih, tepatnya waktu itu tgl 04 oktober 2003. Usia saya waktu itu 23 tahun & m bayu 25 tahun. Setahun pertama, kita emang nunda dulu buat punya baby, tapi dengan cara alami aja nih..g pake alat2 pertukangan itu..:), alasannya...banyak....salah satunya nih..bocoran dikit..hihi...karna waktu itu saya ngerasa masih terlalu muda buat punya, walopun sekarang banyak juga lho yang bilang belum pantes..GeEr..:D.

Okeh..
Masuk taon kedua, saya mulai ngerasa kesepian...saat itu sebenernya saya ngelanjutin kuliah lagi di pascasarjana ugm, kuliahnya cuman jumat, sabtu..selebihnya..saya dirumah sendirian, yuba kerja dari pagi ampe sore..malempun kadang2 masih sibuk nyiapin buat ngajar besoknya..
Jadilah dirikyu mrongos kesepian..:D

Akhirnya taon itu kita sepakat tuk gotong royong biar cepet dikasih baby..hihi..
Sekitar 6 bulan usaha..belum ada hasil, kita mulai kasak kusuk minta bantuan para dokterwan & dokterwati. Dari hasil penelitian & introgasi para dokter itu...semua bilang kalo g ada masalah ama kita berdua. Cuman, salah satu dokter sempat bilang..cos kita dah tes lab macem2 ama dia..katanya nih, kemungkinan salah satu dari kita ada yang punya antibodi berlebih, namanya ASA ( AntiSperm Antibody ). Buat yang g paham hubungannya :D, ASA ini....kalo salah satu pasangan ada yang kena...si cewek misalnya, so sperma yang masuk, yang dianggep benda asing ama tubuh kita, akan langsung dibunuh oleh antibodi itu. Gimana mo milha coba ( baca hamil :D ) kalo dah langsung di bikin koit..he...( ketawa kecut :D ).
Kalo yang kena sicowok, Sperma akan membunuh dirinya sendiri...kek harakiri gitu deh..he..
Gitu katanya si pak dokter waktu itu...
Sebenernya sih belum pasti juga kalo kita kena ASA itu, ini kan cuman perkiraan dokternya aja...soalnya kita g pernah ngelakuin tes khusus buat meriksa bener apa nggak...takuuut...kalo bener gimana ??? huhu...

Udah dulu sedihnya..
Selanjutnya, kita putar haluan...kali ini g kedokter lagi, sekarang saatnya pengobatan tradisional. Atas rekomendasi salah seorang sodara ( yang rekomendasiin angkat tangan..he ), saya & yuba akhirnya nyoba juga..sehari kita minum obat kek jamu gitu sekitar 3 kali = 3 gelas.
Setelah 6 bulan nyoba, itu artinya kita dah minum 3 x 180 hari, kira2..kaliin aja sendiri dah berapa gelas yang kita embat..he, hasilnya...nihil juga..
Setelah ngerasa g ada kemajuan berarti kita molai nyerah lagi...kita emang tipe orang yang g bs bertahan lama2 ama satu pengobatan, soalnya dah pingin banget dapet dalam tempo yang sesingkat singkatnya..:D.
Gak lama mertua pulang dari berlibur ke cina bawa oleh2 buat saya...oleh2nya sodara2..Obat Cina...saya tenggak juga, sehari minum 30 pil selama 4 bulan...kaliin lagi sendiri..:D, gagal maning gagal maning..he..
Atas rekomendasi lagi nih, kali ini dokter lagi..dikasih obat penyubur..namanya lupa..kita cobain lagi 6 bulan, tetep g ada hasil...

Akhirnya kita bener2 nyerah...saat itu artinya kita dah menikah kurang lebih 2,5 tahun.
mulai 8 bulan yang lalu sampe hari ini, kita dah bawa koper pindahan ketaiwan, Alhamdulillah yuba dapet beasiswa buat ngelanjutin s3 disini, ganti suasana & lingkungan baru kita g pake dokter2an lagi, berdoa & usaha sendiri sambil dinikmati..:D, toh Allah juga akhirnya yang menentukan kapan waktu yang tepat...Ia pasti memberikan pada saat yang tidak kita duga duga..Amin.

Berita Utama..

Berenti ke dokter, bukan berarti g ada usaha sama sekali.
Dari berbagai artikel & buku2 yang saya baca...supaya usahanya lebih maksimal :D, kita bisa memperkirakan kapan kita berada pada masa subur & g subur...
Nah, itulah kegunaan si thermometer tadi..
Cara yang paling penting :
- Mengukur Basal Body Temperature ( BBT )
- Mengenali Cervical Mucus

-----Mengukur BBT-----

BBT adalah suhu tubuh kita ketika baru terjaga dari tidur, baru bangun pagi maksudnya, g termasuk waktu tidur siang :D.
Suhu tubuh normal ialah sekitar 36-37 derajat celcius. Seorang wanita mengalami perubahan suhu setiap sebelum dan sesudah menstruasi, sekali2 bahkan bisa melebihi suhu tertinggi 37 C. Na, peningkatan suhu secara tetap setelah sehari sebelumnya tiba2 drop, walopun perubahannya sangat tipis itu menunjukkan gejala terjadinya ovulasi. Karna itu dibutuhkan pencatatan peningkatan suhu tubuh tersebut. Suhu tubuh itu sendiri diukur begitu bangun pagi & diperlukan waktu yang konsisten agar pencatatannya lebih akurat. misalnya nih, hari ini diukur jam 6 pagi, hari2 berikutnya diusahakan juga sekitar jam 6 itu..gitchu...
Untuk mengetahui kita milha apa nggak, kita bs liat di tabel yang dah kita buat selama siklus kita tsb, jika pada tabel menunjukkan paling nggaak selama 18 hari setelah menstruasi suhu tubuh kita tetap berada diatas, tetep tinggi daripada saat sebelum menstruasi maksudnya, nah ada kemungkinan kalo kita dah hamil. G ada salahnya kalo kita ngelakuin home pregnancy test..

Yang diperlukan buat pencatatan ini :
- BBT Chart
- Thermometer ( sebaiknya yang digital, soalnya lebih akurat & lebih cepat waktu pengukurannya )

-----Mengenali Cervical Mucus-----

Pada saat saat subur, biasanya miss v akan terasa lebih "basah" daripada biasanya...:D
Untuk mengetahuinya bisa dengan merasakan dengan jari....jari tangan dong ah..masa jari2 sepeda..he..( jangan terlalu diseriusin nanti mumet, :D )

Ada 4 jenis cervical mucus :
- Dry or light moisture : setelah menstruasi biasanya sekitar 3-5 hari adalah hari2 kering atau kelembabannya sangat sedikit.
- Sticky or gummy : Period ini berlangsung sekitar 2-3 hari, saat ini biasanya lendir berwarna keruh, tidak bisa melar & lengket
- Creamy, milky, lotion like : Periode berlangsung sekitar 2-4 hari dan ini menandakan bahwa akan segera masuk masa subur, lendir biasanya sudah mulai bisa dimelarkan walopun tidak terlalu melar seperti saat periode putih telur.
- Egg white / Putih telur : Period ini berlangsung sekitar 1-5 hari dan ini pertanda bahwa kita sedang dalam masa subur, lendir vagina nampak seperti putih telur mentah, inilah saat2 yang dianjurkan untuk menikmati bulan madu kedua..hihi..

Gitu deh kira2 penjelasannya..sori kalo banyak yg rada2 g bener, maklum masih dalam masa belajar..:D

Sekarang setiap pagi saya jadi punya acara rutin mengukur suhu tubuh...Yuba jadi suka nanya...
-Yuba : gimana suhunya? dah berubah belum ?
-Saya : Belum..belum..g sabaran aja...he
Mudah2an kita bisa mengikuti & mempraktekkan cerita bu guru diatas..:D

Penutup

Okay deh, saya yakin yang baca juga dah pada jereng..:D
Doain berhasil ya...kalopun masih belum dipercaya, g pa pa ..toh dikasih yuba aja dah anugrah terindah...hiks hiks hiks...:D...

0 Comments:

Post a Comment




 

Copyright 2006| Blogger Templates by GeckoandFly modified and converted to Blogger Beta by Blogcrowds.

yg ngerubah layout by Yolla Elwyn